6 Fakta Penting Vaksin Moderna yang Harus Dibaca

Fakta Penting Vaksin Moderna

Kedatangan vaksin untuk mencegah penularan virus Corona dari China pada awal Desember 2020 kemarin memberikan satu pencerahan baru tentang kondisi pandemi global ini. Masyarakat yang telah lama menanti-nantikan kehadiran virus ini masih harus bersabar hingga vaksin tersebut dinyatakan aman dan efektif untuk dapat dipergunakan. Selain Sinovac Biotech dari Beijing yang memproduksi vaksin Sinovac, terdapat vaksin sejenis yang diproduksi oleh Moderna. Singkatnya disebut vaksin Moderna.

Fakta Penting Vaksin Moderna

Berikut adalah 6 fakta penting vaksin Moderna yang harus dibaca:

⦁ Diproduksi oleh Moderna

Moderna merupakan kependekan dari Modified RNA. Perusahaan ini berdiri sejak September tahun 2010. Dikepalai oleh Stephane Bancel, perusahaan bioteknologi ini berpusat di Cambridge, Massachusetts. Perusahaan ini berfokus pada penemuan dan pengembangan obat berdasarkan messenger RNA (mRNA).

Moderna menciptakan mRNA sintetis yang kemudian disuntikkan ke dalam tubuh manusia agar dapat memproduksi daya tahan tubuhnya sendiri. Sejak Januari tahun 2020 perusahaan ini bermitra dengan NIAID (National Institute for Allergies and Infectious Diseases) untuk mengembangkan vaksin Corona, yang hasilnya disebut vaksin Moderna untuk membedakan dengan vaksin dari perusahaan lain.

⦁ Cara Kerja Vaksin Moderna

Vaksin Moderna yang disuntikkan ke dalam tubuh akan mengirimkan messenger RNA (mRNA) yang merupakan kode genetik untuk melawan virus Corona. Setelah vaksin Moderna ini disuntikkan ke dalam tubuh, jika terdapat virus Corona yang menyerang orang tersebut, maka antibodi akan siap menyerang balik virus.

⦁ Keefektifan vaksin Moderna

Hasil uji klinis oleh para peneliti di NIAID (National Institute for Allergies and Infectious Diseases) menyatakan bahwa vaksin Moderna ini mampu menghasilkan antibodi yang kuat untuk melawan virus Corona setidaknya selama tiga bulan sejak disuntikkan. Keefektifan vaksin Moderna ini mencapai angka 94,1%. Angka ini diperoleh saat uji klinis 14 hari pasca penyuntikkan dosis kedua.

Kesimpulan dari uji klinis yang dilakukan pada 15.000 relawan yang diberikan vaksin dan dibandingkan dengan yang diberikan placebo, membuktikan bahwa vaksin Moderna ini efektif untuk seluruh kelompok umur, jenis kelamin, ras, dan kelompok etnis. Keefektifan vaksin Moderna yang telah diuji ini membuktikan bahwa vaksin ini aman untuk digunakan

⦁ Penyimpanan dan Masa Kedaluwarsa

Fakta penting vaksin Moderna berikutnya adalah vaksin ini tidak memerlukan penyimpanan dengan suhu yang super dingin. Vaksin Moderna dapat disimpan pada suhu sekitar minus 20 derajat Celcius atau seukuran freezer rumahan. Hal ini menjadi pembeda perlakuan vaksin dari perusahaan lain yang harus disimpan pada mesin pendingin bersuhu minus 75 derajat Celcius. Masa kadaluwarsa vaksin Moderna adalah 30 hari sebelum digunakan.

⦁ Dosis Vaksin Moderna

Vaksin Moderna mengandung 100 mikrogram dosis yang diberikan sebanyak dua kali dengan jeda selama 28 hari.

⦁ Termasuk dalam Daftar Vaksin yang Akan Digunakan di Indonesia

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah membuat penetapan penggunaan vaksin untuk melawan virus Corona. Penetapan penggunaan vaksin ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/Menkes/9860/2020 tanggal 3 Desember 2020. Di dalam SK Menteri Kesehatan itu terdapat enam vaksin yang akan digunakan di Indonesia. Salah satunya adalah vaksin Moderna.

Meskipun vaksin Moderna untuk melawan virus Corona telah ditemukan dan akan segera diedarkan untuk seluruh masyarakat, tetapi bukan berarti gaya hidup sehat diabaikan. Menjaga kesehatan tetap menjadi prioritas utama. Melakukan protokol kesehatan di mana pun berada adalah kunci mencegah penularan virus Corona.

Namun, bila terpaksa mengalami penurunan kondisi tubuh atau bahkan sakit, Halodoc telah menyediakan satu solusi paripurna. Halodoc memuat informasi rumah sakit terdekat yang dapat dikunjungi lengkap dengan jadwal dokter praktik.

Bila telah mendapatkan resep obat atau ingin menebus copy resep yang telah dimiliki di rumah, Halodoc juga memberikan layanan pembelian dan pengantaran obat langsung hingga ke depan pintu rumah Anda. Halodoc juga menyediakan beragam informasi kesehatan melalui artikel up-date yang diasuh oleh tim dokter terpercaya. Sehat, ya Halodoc saja!


Fakta Penting Vaksin Moderna - Gosocio

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar