5 Daerah Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

Batubara merupakan kekayaan hasil bumi atau hasil tambang yang dapat digunakan sebagai sumber keuangan di Indonesia. hal ini disebabkan karena batubara memiliki nilai jual yang sangat tinggi dengan minat konsumen yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Berikut ini terdapat beberapa daerah penghasil batubara di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Inilah 5 Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

1. Sorong, Papua

Pulau Papua sejak dahulu memang terkenal dengan hasil bumi yang melimpah. Salah satunya yaitu batu bara yang banyak diminati dan dapat dijual dengan harga yang tinggi. Produksi batu bara ini tepatnya terletak di kawasan Sorong. Pembuatan batu bara menggunakan teknik blending yang dapat menghasilkan kualitas terbaik.

Batu bara dari Sorong telah disebar di berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai diekspor ke beberapa negara besar. Hal ini dikarenakan kualitas batu bara asal Sorong yang baik dan dibuat dengan teknik yang baik pula.


2. Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Tanjung Enim atau lebih tepatnya Bukit Asam merupakan salah satu lokasi yang telah terbukti memiliki kekayaan hasil bumi berupa batubara. Di tempat ini dibuat suatu proyek pertambangan yang telah beroperasi sejak tahun 1919. Meskipun tempatnya kecil, akan tetapi kandungan batubara sangatlah besar dan memiliki potensi untuk dimanfaatkan.

Pada tahun 1950, pertambangan ini resmi milik pemerintah Indonesia yang kemudian dikelola Oleh Badan Usaha Milik Negara yang berkolaborasi dengan PN TABA. Tanjung Enim memiliki cadangan batubara dengan jumlah 6.36 miliar ton dimana aktivitas pertambangan masih berlanjut hingga sekarang. Tanjung Enim telah memproduksi batubara sebesar 1,59 miliar ton dalam tiap tahunnya.

Baca juga: Daerah Penghasil Emas di Indonesia

3. Aceh Barat

Aceh Barat memiliki peran penting dalam industri hasil tambang berupa batubara. Kawasan ini bahkan menjadi penyetor batu bara dengan kualitas terbaik ke seluruh dunia. Hasil tambang ini ditemukan tepatnya di daerah Meulaboh.

Untuk menemukan kandungan batu bara, para penambang harus sampai pada lapisan ke 15. Dimana lapisan ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter. Setiap lapisan memiliki ketebalan mulai dari 0.5 meter sampai dengan 9.5 meter. Kandungan batubara di alam Aceh Barat apabila ditotal mencapai 500 juta ton.

Baca juga: Sistem Pemerintahan Kerajaan Tarumanegara

4. Kota Baru, Kalimantan Selatan

Daerah penghasil batubara di Indonesia berikutnya yaitu Kota Baru yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Batubara yang berasal dari sini memiliki kualitas yang tak kalah bagusnya. Bahan tambang satu ini telah diekspor ke Jepang bahkan sampai ke Amerika Serikat. Batubara merupakan salah satu hasil tambang yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Baru.

Baca juga: Peninggalan Kerajaan Demak

5. Sawahlunto, Sumatera Barat

Sawahlunto yang terletak di Provinsi Sumatera Barat memiliki banyak simpanan batu bara dengan jumlah yang cukup besar dan terpendam di dalam tanah. Batu bara yang ada di kawasan ini telah dieksplor sejak tahun 1860. Pemerintahan Belanda pada masa itu, membuat suatu pertambangan di kawasan ini. Tambang yang disebut sebagai tambang Ombilin merupakan tambang tertua yang ada di Indonesia.

Batu bara yang terkandung dalam tanah Sawahlunto memiliki kualitas terbaik dan dulunya diperebutkan oleh banyak orang. Namun, setelah UNESCO menetapkan tempat ini menjadi warisan dunia, tambang batu bara Ombilin ini berhenti beroperasi.

Baca juga: Manfaat Apel Hijau Untuk Stroke

Banyaknya daerah penghasil batubara di Indonesia yang telah dijabarkan di atas semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Batubara memiliki unsur nilai ekonomis sehingga banyak dibeli. Dengan memproduksi batubara, diharapkan perekonomian di Indonesia semakin maju dan meningkat seiring berjalannya waktu.


Daerah Penghasil Batubara di Indonesia - Gosocio

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar