Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Pemerintahan Kerajaan Tarumanegara

Sistem Pemerintahan Kerajaan Tarumanegara

Sejarah Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peran kerajaan-kerajaan yang bertahta di awal. Kerajaan inilah yang nantinya menjadi cikal bakal terbentuknya negara Indonesia yang kala itu masih dikenal dengan sebutan Nusantara. Salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang juga menjadi pondasi sejarah terbentuknya negara ini adalah Kerajaan Tarumanegara. Meski dari berbagai segi, kehidupan negara di masa kini jelas berbeda dengan kehidupan di masa kerajaan.

Bagaimana Sistem Pemerintahan Kerajaan Tarumanegara Dijalankan

Nama Tarumanegara pasti sudah tidak asing. Nama ini sudah digunakan pada beberapa instansi besar seperti nama universitas. Nama Tarumanegara ini juga menjadi bagian penting dari sejarah Indonesia. Ini karena adanya Kerajaan Tarumanegara yang pernah berjaya di Pulau Jawa, Jawa Barat khususnya. Dalam menjalankan pemerintahan, setiap Kerajaan pasti menganut sistem pemerintahan sendiri, termasuk kerajaan ini.


Ketika mempelajari tentang sebuah kerajaan, ada banyak hal yang harus dipelajari. Termasuk salah satunya adalah sistem pemerintahan yang dijalankan oleh raja yang berkuasa dalam memimpin rakyatnya. Dikutip dari cosmogirl.co.id sistem pemerintahan Kerajaan Tarumanegara sendiri ini pada dasarnya menganut sistem Monarki absolut.

Dilihat dari bagaimana kerajaan dijalankan, Monarki Absolute dianggap sebagai sistem pemerintahan yang paling tepat menggambarkan sistem yang dijalankan pada masa itu. Hal tersebut karena kekuasaan tertinggi pada Kerajaan Tarumanegara ini berada di tangan raja. Hal ini sesuai dengan bagaimana sistem pemerintahan monarki absolute bekerja. 

Terkait: Peninggalan Kerajaan Demak

Meskipun sistem pemerintahan ini baru ditemukan sejak abad ke-19, jauh setelah keberadaan Tarumanegara diketahui. Namun, jika diimplementasikan dengan sistem pemerintahan yang berlaku saat ini, maka sistem inilah yang paling mendekati.

Selain menjadikan raja sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, ada hal lain yang menjadi ciri dari sistem pemerintahan ini. Ciri tersebut adalah sistem pergantian kepemimpinan. Sistem pergantian kepemimpinan atau tahta ini dilakukan dengan cara, jika raja dinyatakan mengundurkan diri atau meninggal dunia, maka tahta kerajaan akan secara otomatis jatuh ke tangan putra mahkota yang sebelumnya juga sudah menerima kewenangan. 

Terkait: Manfaat Apel Hijau Untuk Stroke

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana kekuasaan Kerajaan Tarumanegara diteruskan. Dari pendirinya, yaitu Maharaja diraja Guru Jayasiingawarna. Setelah ia tidak lagi memimpin Kerajaan Tarumanegara, tahtanya kemudian dilanjutkan oleh keturunannya. Sistem ini terus berlanjut sampai Tarumanegara memiliki 12 orang raja yang pernah memerintah di kerajaan ini.

Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang didirikan sejak abad ke-3 lalu. Kerajaan yang terletak di kawasan Jawa Barat ini pernah mengalami masa puncak kejayaan di bawah tahta Raja Purnawarman. Kemajuan di berbagai bidang serta kemakmuran rakyatnya menjadi acuan. Sistem pemerintahan Kerajaan Tarumanegara menjadikannya kerajaan yang dipimpin oleh satu raja dan kepemimpinan itu akan terus dilanjutkan oleh keturunannya. 

Posting Komentar untuk "Sistem Pemerintahan Kerajaan Tarumanegara"